Sejarah Desa

Administrator 30 April 2014 17:20:39 WIB

SEJARAH DESA

 Desa Pekan Sialang Buah berada di wilayah Kecamatan Teluk Mengkudu, jauh sebelum kemerdekaan RI diperkirakan pada tahun 1935. Pada mulanya Desa ini dinamakan Salang Buah, sejarahnya pada waktu itu ada seorang pedagang kerbau yang bernama Salang datang. Dari penghasilannya berdagang kerbau, sebagian keuntungannya ia belanjakan untuk membeli buah – buah laut seperti kerang, kepah, remis, barai, buah hijau, panggang pulut dan lain – lain. Buah laut yang dibelinya itu lalu dibawa pulang untuk dijual di kampung halamannya.

Malang tak dapat ditolak mujur tak dapat diraih, setelah berdagang sekian kalinya, suatu ketika sepualng berdagang, Salang dirampok oleh penyamun seluruh uang serta buah – buah laut yang dibawanya raib, bahkan nyawanya pun turut melayang dibunuh oleh gerombolan penyamun dengan posisi tersalang dan tergantung di atas paro – paro kayu, sejak saat itulah Desa ini disebut Desa Salang Buah.

Sejak kemerdekaan RI tahun 1945 sampai dengan tahun 1950, Pekan Sialang Buah dan Sialang Buah adalah satu Desa yang dpimpin oleh penghulu M. Syarif. Pada tahun 1951, Salang Buah dipecah menjadi dua yaitu Pekan Sialang Buah yang kemudian diberi nama Sialang Buah, sementara Sialang Buah diberi nama Kampung Sialang Buah. Hal ini terjadi sampai pada tahun 1968.

Sejak tahun 1968 tersebut, Sialang Buah terjadi perubahan nama yaitu Sialang Buah menjadi Desa Pekan Sialang Buah dan Kampung Sialang Buah menjadi Desa Sialang Buah hingga saat ini.

 

Komentar atas Sejarah Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi PEKAN SIALANG BUAH

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung